Tips dan Triks Mencuci Boneka Kesayangan

Inilah Tips Praktis Mencuci Helm Sendiri

Hampir semua pengendara memakai helmnya setiap mereka mengendarai motor. dengan seringnya helm dipakai maka tak elak lagi helm tersebut terk...

Tips dan Triks Mencuci Boneka Kesayangan


Setiap rumah yang mempunyai anak-anak terutama perempuan, pasti punya paling tidak satu boneka kesayangan. Hati-hati ! kalau salah dalam perawatan, boneka yang lucu ini bisa jadi sumber penyakit.

Berikut ini adalah tips untuk membersihkan boneka yang saya ambil dari beberapa sumber :

CARA PERTAMA: MENGGUNAKAN KAIN BASAH

Jika bonekanya hanya berdebu dan tidak terlalu kotor atau terbuat dari bahan/bulunya mudah rontok, cukup diseka dengan kain yang telah dibasahi air hangat ke seluruh bagian boneka. Setelah itu lakukan steaming dengan handsteamer dan pada saat packing berikan parfum secukupnya.

CARA KEDUA: MENCUCI DENGAN AIR

Untuk boneka yg sangat kotor, anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci atau tangan layaknya mencuci pakaian. Namun mencuci dengan cara ini harus sedikit hati-hati. Lihatlah terlebih dahulu label yg ada di boneka untuk tanda-tanda apakah bisa dicuci dengan mesin cuci atau tangan.

PERSIAPAN:

• Kantung Laundry (laundry bag ) atau sarung bantal putih polos.

PROSES:
  1. Masukan boneka kedalam kantung laundry atau sarung bantal. Ikat kantung laundry/bantalnya dengan rapat agar boneka tidak keluar dari kantung. Menggunakan kantung ini dilakukan agar boneka tidak rusak dan bulu boneka tidak rontok kemana-mana pada saat proses laundry dilakukan.
  2. Masukan kantung laundry/bantal yg telah berisi boneka kedalam mesin cuci lalu atur kecepatan mesin cuci ke speed yg paling slow/pelan kemudian Masukan deterjen. Takaran deterjen untuk mencuci boneka tidaklah sebanyak takaran deterjen untuk mencuci pakaian biasa. Kira-kira hanya butuh seperempat takaran saja.
  3. Bilas boneka yg telah dicuci dengan air bersih dan pada saat membilas, tidak perlu menambah softener/pelembut dengan harapan dapat membuat boneka menjadi lembut. Menurut pengalaman, penggunaan softener malah merusak boneka dan membuat warnanya luntur, jadi cukup dengan air bersih saja. Setelah pembilasan, peras boneka dengan cara ditekan-tekan dengan tangan atau diinjak-injak untuk mengeluarkan sisa airnya.
  4. Keringkan boneka yg baru dicuci dengan cara diangin-angini atau jemur ditempat yg teduh. Bila anda ingin mengeringkan boneka dengan mesin pengering, gunakanlah low heat mode/tidak terlalu panas.
  5. Setelah kering, rapikan kembali bulu-bulunya dengan jari tangan, jangan menggunakan brush/sisir binatang yg dapat merusak boneka, menggunakan sisir datar (sisir laki) boleh asal menyisirnya tidak terlalu kencang dan hati-hati.
  6. Finishing: Sebelum dipacking kedalam plastik, pastikan apakah boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur. Semprotkan parfum untuk membuat boneka lebih segar dan wangi
CARA KETIGA: MENGGUNAKAN BAKING SODA.

Menggunakan Baking Soda sangat ampuh untuk membersihkan boneka yg bulunya sangat mudah rontok atau boneka yg sudah tua dan antik.

PERSIAPAN:
  • Kantung Kertas/Plastik.
  • Baking Soda.
PROSES:
  1. Masukan boneka kedalam kantung kertas. Bila tidak ada kantung kertas, anda bisa memasukannya kedalam plastik packing laundry.
  2. Masukan baking soda secukupnya kedalam kantung kertas/plastik yg telah berisi boneka. Takaran disesuaikan dengan ukuran dan jangan terlalu berlebihan dan yg penting merata keseluruh bagian.
  3. Tutup rapat kantung kertas/plastik dan guncang-guncang selama beberapa saat untuk meratakan baking soda keseluruh bagian boneka. Biarkan selama 15 menit lagar baking soda bekerja lalu keluarkan boneka.
  4. Bersihkan baking soda yg ada di boneka dengan tangan atau menepok-nepoknya lalu ambil kain basah dan seka rata seluruh bagian boneka untuk membersihkan baking soda yg menempel.
  5. Setelah bersih anda boleh memberikan sedikit uap steamer ke seluruh bagian boneka untuk membersihkan bagian dalam, namun ingat, ketika baking soda sudah tidak satupun menempel lagi di bagian boneka karena bisa-bisa kalau terkena steam akan menggumpal dan memberikan effek reaksi kimia busa dan meninggalkan jejak spot bercak putih saat busanya kering.
  6. Finishing: Pada saat packing, berikan sedikit parfum untuk membuatnya menjadi fresh namun disemprotkan merata dari jauh agar tidak menggumpal di bulu boneka.
Ketiga cara diatas bisa anda gunakan untuk mencuci dan membersihkan boneka. Pemilihan cara mencuci mana yg paling baik adalah tergantung dari bahan boneka tersebut.

TIPS TAMBAHAN:
  • Sebelum boneka dibersihkan, periksalah dulu bagian boneka apakah ada yg robek atau rusak seperti bagian lengan, leher, atau kaki-kaki. Bila ada kerusakan, anda harus memperbaikinya terlebih dahulu dengan menjahitnya manual agar nanti bila dibersihkan tidak menimbulkan kerusakan lebih jauh.
  • Sebelum mencuci boneka, lihatlah label tag boneka untuk memastikan cara mencucinya yg benar.
  • Tidak semua boneka memiliki bahan yg sama, ada sebagian boneka yg berbahan yg bila dicuci dengan air akan membuatnya menjadi susut/mengempis dan merusak bentuknya.
  • Boneka yg tua dan antik biasanya lebih rentan rusak untuk dibersihkan, lihatlah pada daun telinganya apakah ada pin atau tidak karena biasanya yg memiliki pin adalah boneka antik. Untuk boneka tua lakukan pembersihan dengan cara keempat menggunakan baking soda.
  • Penggunaan Softener dapat melunturkan boneka, hindari penggunaan softener/pelembut pakaian.
  • Untuk boneka yg kusut setelah di bersihkan, gunakan tangan untuk merapikannya atau gunakan sisir yg jarang dan tipe lurus, bukan tipe brush.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...