Inilah Tips Praktis Mencuci Helm Sendiri

Inilah Tips Praktis Mencuci Helm Sendiri

Hampir semua pengendara memakai helmnya setiap mereka mengendarai motor. dengan seringnya helm dipakai maka tak elak lagi helm tersebut terk...

Inilah Tips Praktis Mencuci Helm Sendiri


Hampir semua pengendara memakai helmnya setiap mereka mengendarai motor. dengan seringnya helm dipakai maka tak elak lagi helm tersebut terkena debu dan keringat pemakainya sehingga bagian dalam helm terlihat kotor dan bau ditambah lagi bila menghadapi musim penghujan maka helm pun sering basah oleh air hujan.

Mencuci helm tidaklah sulit, hampir sama dengan mencuci pakaian atau mencuci benda lain yang jarang mendapat perhatian untuk dicuci dan mencuci helm lebih praktis dan tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian di bawah ini:

1. Lepaskanlah bantalan pada kedua sisi kiri dan kanan bagian dalam helm, bagian inilah yang bersentuhan dengan daerah sekeliling telinga saat kita menggunakan helem.

2. Lepaskanlah kaca pelindung dan plastik pelindung cahaya yang berada di atas helm (khusus tipe half face) dengan cara: 
  • lepaskanlah penutup baud yang berada di sisi luar kanan dan kiri helm 
  • kemudian lepaskan baudnya menggunakan obeng (minus atau plus, disesuaikan dengan bentuk kepala baud) 
  • lalu pisahkan kaca helm, pelindung cahaya, dari helem. 
  • Bila baud telah terlepas maka bantalan helm yang berada di dalam dapat dilepaskan dari batok helem, 
  • tapi bila anda merasa kesulitan maka bantalan yang berada di dalam tidak usah dilepas.
3. Siapkan air dalam wadah yang agak besar, misalnya jolang plastik, campurkan deterjen lalu aduk hingga larut bersama air. 

Rendamlah Semua bantalan helem kira-kira setengah jam lalu bersihkan kotoran yang menempel menggunana sikat halus.

4. Setelah semua bantalan bersih lakukanlah pembilasan berulang kali dengan cara merendamnya dalam air bersih sambil meremas-remas semua bantalan sampai tidak ada lagi buih yang keluar.

5. Untuk menghilangkan bau maka rendamlah bantalan helm di dalam air yang telah dicampur pewangi pakaian kemudian diperas sampai semua air terlepas.

6. Proses selanjutnya adalah pengeringan, gunakanlah pengering rambut (hair dryer) dengan menggunakan tombol pilihan low untuk menjaga lapisan/bantalan yang berbahan stereo foam agar tidak meleleh.

Janganlah menyemprokan udara panas dengan terus menerus pada satu bagian tapi beralihlah ke bagian lain dan aturlah jarak hair dryer dengan helm untuk menjaga kerusakan pada bantalan helem.

Cara pengeringan yang paling bagus adalah dengan sinar matahari langsung agar proses pengeringan terjadi dengan alami bukan dengan cara dipaksa.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...